ma'ruf mahmud_ Materi kuliah penulis ,traveling.hobi makan,suka membanca mimpi sejuta dollar ingin keliling indonesia
Thursday, 15 November 2018
POTENSI KEBERHASILAN MANAJEMEN USAHA KECIL I BAB V
POTENSI UKM
Potensi UKM (Solopos, 6 Januari 2018)
Promosi ke Luar Negeri Hasilkan Rp. 61,77 Miliar
JAKARTA – Kementrian Koprasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) merilis data program promosi di luar negeri untuk UKM menghasilkan transaksi ritel dan order on site serta setelah promosi mencapai Rp. 61,77 Miliar.
Deputi Bidang Produksi dan Bidang Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM. I Wayan Dipta, mengatakan pencapaian Rp. 61,77 miliar tersebut didapatkan dengan total anggaran yang dikeluarkan Rp. 5,30 miliar. “Lewat anggaran tersebut berhasil menghasilkan devisa 12 kali (lipat),” kata dia di sela-sela acara Capaian Kinerja 2017 dan Rencana Kerja 2018 Kemenkop dan UKM, Jumat (5/1).
Ciri- ciri pengusaha kecil dalam melakukan bisnis, meliputi antara lain:
Menyediakan produk/jasa yang dibutuhkan.
Memanfaatkan perubahan.
Membuka wacana baru.
Membuat sesuatu yang menjadi bermanfaat.
Dapat menjadi kompetitif.
Dapat menciptakan kesejahteraan bagi karyawannya
Keuntungan dalam bisnis kecil, meliputi antara lain:
Dapat bermanfaat bagi investor, pemasok, pelanggan,banker.
Mendapat kepuasan diri.
Perasaan bebas dan dapat mandiri.
Upaya-upaya usaha kecil dalam melakukan bisnis meliputi antara lain:
Sumber daya manusia.
Waktu yang tersedia.
Kehidupan sosial yang terbatas.
Mengorbankan aspek-aspek penting dalam kehidupan.
Peran penting dalam bisnis usaha kecil meliputi antara lain:
Mempertahankan kebebasan usaha.
Menghasilkan kesejahteraan.
Mendorong persaingan yang sehat.
Menciptakan pekerjaan.
Menjamin motivasi dan kreativitas.
Mengidentifikasikan celah-celah di pasar.
PENTINGNYA USAHA KECIL DALAM BISNIS
Pentingnya usaha kecil dalam melakukan bisnis meliputi antara lain:
Dapat meningkatkan teknologi.
Pembentukan modal.
Menigkatkan budaya wirausaha.
Menciptakan pekerjaan bagi yang membutuhkan.
Karakteristik masyarakat pengusaha kecil yang memiliki jiwa bisnis meliputi antara lain:
Distribusi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
Ide-ide yang baru secara terus-menerus yang diimplementasikan untuk menuju pertumbuhan ekonomi.
Disediakan barang dan jasa yang berguna untuk produksi
Keuntungan dan tantangan bekerja mandiri sera upah tetap bagi pengusaha kecil meliputi antara lain:
Keuntungan bekerja mandiri, antara lain:
Dapat memberikan perintah.
Dapat mewujudkan ide-idenya.
Dapat usaha mandiri.
Dapat mengambil inisiatif.
Dapat bekerja secara kreatif.
Tantanngan bekerja mandir oleh pengusaha kecil meliputi antara lain:
Jam kerja tidak teratur.
Mengambil resiko.
Penghasilan tidak stabil.
Tidak mendapat tunjangan.
Masa depan kurang jelas.
Keuntungan pekerjaan dengan upah tetap oleh pengusaha kecil meliputi antara lain:
Pendapatan tetap.
Resiko minimal.
Masa depan lebih jelas.
Jam kerja tetap.
Tanggung jawab tetap.
Tantangan bekerja dengan upah tetap bagi perusahaan kecil meliputi antara lain:
Kesulitan mengemukakan ide-idenya.
Tergantung pada pemberi kerja.
Penghasilan tetap.
Mengikuti perintah kerja dan peraturan kerja oleh pemiliknya.
Sifat-sifat pemimpin yang berhasol dimiliki oleh pengusaha kecil meliputi antara lain:
Memiliki kompetisi sesuai dengan bidangnya.
Memiliki keterampilan konsptual.
Memiliki reputasi (track record).
Kepekaan dalam bisnis.
Cepat dalam mengambil keputusan.
Memiliki karakter yang berkualitas.
Teknik-teknik motivasi yang dipergunakan ole pengusaha kecil kepada karyawannya, meliputi antara lain:
Memberikan kepercayaan kepada pegawainya.
Komunikasi yang baik tehadap pegawainya.
Memberikan hadiah kepada pegawai yang berprestasi.
Menjadi pandangan yang aktif.
Menjelaskan tindakan korektif.
Strategi yang dilakukan oleh pengusaha kecil (Salsa Delsiany,2010: 66):
Jangan melakukan iklan seperti bisnis besar.
Tentukan harga yang murah dan wajar bagi konsumen.
Gunakan strategi pemasaran yang tepat.
Memanfaatkan kepada calon komsumen yang sudah kenal dengan karya khusu,
Melakukan promosi secara bersama dengan perusahaan lain yang
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Marketing digital dan memanfaatkan peluangnya
Marketing digital adalah praktik pemasaran produk atau layanan menggunakan berbagai saluran dan platform digital, seperti situs web, medi...
-
BUSINESS PLAN LAMPION JAYA ABADI RINGKASAN EKSEKUTIF 1.1 PROFIL PERUSAHAAN 1. Nama Perusahaan LAMPION JAYA AB...
-
Menggali Potensi Luas Digital Marketing: Strategi untuk Sukses
-
Marketing digital adalah praktik pemasaran produk atau layanan menggunakan berbagai saluran dan platform digital, seperti situs web, medi...
No comments:
Post a Comment