WELCOME MY NEW CONTENT

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA BERMANFAAT blog ini menyajikan artikel sekitar bisnis dan BIOGRAFI penulis semoga kalian semua suka!!! JANGAN LUPA DI SUBCRIBE YA

adsense

Sunday, 11 March 2018

STRATEGI PEMASARAN EKSPOR








SRATEGI PEMASARAN EKSPOR


Image result for strategi pemasaran ekspor



A. KEGIATAN PEMASARAN
STRATEGI PEMASARAN EKSPOR Menurut earl fullbrock yang dimaksud dengan pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang di lakukan pengusaha dalam menyampaikan suatu komoditi maupun produsen kepada kosumen.marketing is those business activities involved the flow of goods and service from production to consumption.
Dengan bertitik tolak pada definisi pemasaran di atas dapat di ambil kesimpulan ada tiga fungsi atau tugas yang harus perlu di lakukan dalam kegiatan pemasaran yaitu pengadaan (procurement),transportasi(transportation),dan penentuan kosumen atau pasar sasaran.
1.fungsi pengadaan (procuments)


    Yang termasuk dalam fungsi pengadaan di antaranya menyangkut penentuan jenis,kuantum komoditi yang akan di produksi yang sesuai dengan selera kosumen
2. fungsi transportasi
Yang termasuk dalam fungsi  transportasi diantaranya adalah pemilihan yang angkut yang cocok  dengan sifat komoditi, uang tambang yang hemat , dan tersedianya alat  angkut yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Faktor  faktor yang perlu diperhitungkan oleh transportasi antara lain
A.      Jarak yang ditempuh antara produsen dengan konsumen
B.      Nilai komiditi
C.      Tingkat kemungkinan  rusaknya komiditi selama perjalanan
D.     Daya tahan komiditi dalam perjalanan
E.      Daya tahan dalam muat bongkar 
3. fungsi menentukan konsumen atau pasar sasaran
Menentukan konsumen atau pasar sasaran ekspor merupakan tugas utama pemasaran ekspor.
A.      Menentukan pasar sasaran
Yang dimaksud pasar sasaran ( target market ) adalah kawasan atau Negara yang kita masuki d lam pengertian geografis.
B.      Menentukan segmen pasar
Penentuan pasar sasaran di tekan pada kriteria  geografis, mula mula ditentukan kawasan yang akan di masukin misalnya eropa di disusul dengan penepatan  Negara misalnya belanda dan jerman.
Keempat criteria  tersebutdapatdirinci
1. geografis   (kawasan,Negara,dan kota)
2. demografis ( jenis kelamin,usia,pendidikan dan pendapatan)
3.psikologis  (kelas sosial,dan gaya hidup)
4. perilaku kosumen  ( manfaat dan tingkat pemakaian )
C. menenentukan kuantitas produksi
   Pada umumnya barang yang di produksi di Indonesia dimaksudkan untuk pemasaran dalan negeri.baik barang kerajinan rakyat,industry kecil,hasil indutri subtitusi impor,hasil pertanian,perkebunan hasil ekstraktif hutan ,dan pertambangan pada umumnya di pasarkan di dalam negeri.
D.Menentukan kualitas
  Dengan bertambah banyaknya hasil industry subtitusi impor yang di imut sertakan untuk mendorong ekspor.maka peningkatan untuk mutuyuang sesuai dengan pasar ekspor sangat di perlukan .
E. Menentukan strategi bauran pemasaran
Pakar pemasaran McCarthy membagi unsur unsure pemasaran yaitu di singkat menjadi strategi 4P
1. product
2. price ( harga)
3. place
4. promotioN
Misalkan kita mau memasarkan pakaian wanita elite( high quality fasion )dengan pasar sasaran perancis dan paris sebagi pusat distribusi ,sementara segmen pasarnya  adalah para wanita selebritis dan wanita anak orang kaya.

F. Menentukan syarat perdagangan
Dalam perdagangan ekspor impor terdapat 13 macam syarat perdagangan yang di atur oleh kamar dagang internasional yang berkedudukan  di paris
G. Menentukan syaArat pembayaran
Ada dua hal yang menyebabkan syarat pembayaran menjadi salah satu faktor penting  dalam perdagangan internasional .pertama adanya kemungkinan resiko payment,kedua kebutuhan likuiditas.tinggi rendahnya risiko pembayaran dan waktu transaksi pembayaran yang di atur dalam setiap transaksi ekspor.
H. Menentukan syarat kotrak jual beli
Promosi dapat di anggap langkah kongkrik yang langsung menuju sasaran yaitu calon pembeli
B. SELERA KOSUMEN
 Yang dimaksud dengan kosumen adalah mereka yang membutuhkan atau membeli komoditi yang di tawarkan .
Ada berbagai faktor psikologis dan ekonomi yang harus kita perhatikan dalam mengkaji selera kosumen  agar membeli suatu komoditi yang di tawarkan sbb
1. memenuhi kebutuhan hidup sehari hari
2. memenuhi keinginan pribadi
3. terpengaruh lingkungan dan rangsangan promosi
4. kemampuan daya untuk membeli






Dari ke empat faktor di atas ada dua hal yang perlu kita kaji lebih dalam
1, perbedaan antara kebutuhan dan keinginan
Yang  dimaksud dengan kebutuhan adalah segala sesuatu yang di perlukan manusia untuk mempertahankan hidupnya baik kebutuhan jasmani maupun kebuhan rohaninya.
Sedangkan keinginan adalah upaya seseorang dalam  memenuhi kebutuhan hidup yang sesuai dengan selera pribadinya .Keinginan berhubungan erat dengan kepriobadian seseorang.tiap orang sangat di pengaruhi oleh lingkungan ,tradissi,iklim,agama,budaya masyarakat dan kondisi geografis diamana dia berada.
2. kemampuan daya beli terhadap pemenuhan kebutuhan dan keinginan
Suatu masyarakat dengan pendapan perkapita rendah mempunyai daya beli rendah pula. Dalam membelanjakan uangnya mereka akan memberikan prioritas terhadap terhadap kebutuhan primer( kebutuhan pokok) makanan,minuman,pakaian ,kebutuhan pendidikan dan alat transportasi yang sederhana dan murah .

C. PENGERTIAN KOMODITI ATAU PRODUK
 Komoditi adalah setiap barang atau jasa yang mampu memenuhi kebutruhan dan keinginan kosumen, sementara kosumen adalah mereka uyang membutuhkan ,menginginkan dan mampu membeli komoditi yang di tawarkan dengan demikian nilai nilai tertentu yang harus terdapat keinginan kosumen. Nilai nilai tersebut adala:

1. manfaat dari produk
 Manfaat yang di berikan oleh produk untuk memenuhi kebutuhan sorang disebut juga core product atau generic



2. wujud fisik dari produk
Wujud fisik dari suatu produk memegang peranan untuk memenuhi keinginan atau selera seseorang .wujud   fisik itu seperti desain,tipe,gaya,model,kemasan,merek,atau produk juga di sebut sebagai tangible atau actual product
3. manfaat ikutan dari suatu produk
Yang di maksud dengan manfaat ikutan dari suatu produt adalah jasa tambahan dxari suatu produk .jasa tambahan ini kita sebut dengan augmented atau extended product.
D. KOMODITI SIAP EKSPOR
Pada umumnya komoditi yang akan di ekspor haruslah memenuhi syarat syarat tertentu yaitu
1. mempunyai daya saing tinggi di bandingkan komoditi serupa dari Negara lain
    Yang dimaksud dengan istilah daya saingadalah kemampuan suatu komoditi untuk memasuki pasar luar negeri atau komoditi tersebut sesuai dengan keinginan dan selera kosumen.
Unsur unsur daya saing itu antara lain
a. mutu barang yang terdiri dari:
-. Desain ,tipe,gaya dan spesifikasi teknis
-. Kegunaan barang atau fungsinya
-. Daya tahan atau durability




b. harga barang seperti
-. Cost plus mark up
-. Current markets
-. Subsidized
-. Dumping
c. delivery time
d. syarat perdagangan
e. syarat pembayaran
g. layanan purna jual
2. setiap peralatan (tools & equepments) di lengkapi dengan petunjuk pemakaian (instruction manual)
3. setiap komoditi di beri warna,ukuran dan bentuk yang sesuai dengan selera kosumen
4. setiap komoditi sebaiknya di lengakapi dengan sertifikasi mutuatau setidak nya sertifikat dari pabrik yang memproduksinya
5. setiap  komoditi sebagian mematuhi ketentuan tentang merek kemaasan layak laut ( seaworthy packing) dan label yang mungkin diminta oleh Negara pembeli
6. setiap peralatan elektronik atau listrik sebaiknya di lengkapi dengan surat keterangan  pengujian teknis dari lembaga yang berwewenang
7.untuk komoditi terttentu seperti mainan anak anak dan bahan makanan  harus memenuhi standar kesehatan dan keamanan yang dimintaoleh Negara tertentu seperti federal drug administrations ( FDA ) dari amerika serikat



8. untuk komoditi pertanian ,perkebunan  dan peternakan sering kali harus di lengkapi dengan surat keterangan karantina tanaman atau karantina hewan sebelum di ekspor  seperti pytosanitary certificate,veterinary certificate,healt  certificate dan sebagiannya
9. untuk mendapatkan fasilitas dalam rangka sistem preferensi umum ( generalized  system of prefences)
10. setiap pengusaha yang ingin mengekspor di anjurkan untuk memulai standararisasi dari komoditi yang di produksinya
E. KEGIATAN EKSPOR
Kegiatan ekspor adalah kegiatan pemasok suatu komoditi ke Negara lain atau kepada orang asing,dengan mengharapkan pembayaran menggunakan valuta asing .dan kadang kala harus berkomunikasi dengan bahasa asing
Contoh:
Seorang perajin sulaman dari tasikmalaya menjual mukena pada seorang pembeli di kuala lumpur sebelum musim haji . pengrajin itu menerima pembayaran dalam ringgit Malaysia atau dolar amerika  komunikasi yang di gunakan bahasa Indonesia
F. PENJUALAN EKSPOR
Suatu produk dapat dijual dalam negeri ,tetapi juga dapat di jual di luar negeri tampa memerlukan perubahan .penjualan semacam ini di sebut oebjualan  (export selling) tetapi kalo produk itu sebelum di jual ke luar negeri perlu di ubah bentuknya ,ukuranya,bahanyan maupun warnanya .Maka penjualan ke luar negeri itu di sebut pemasaran ekspor .dengan demikian terdapat perbedaan istilahpenjualan ekspor dan pemasaran ekspor.




1. penjualan ekspor
Dalam penjualan ekspor pasar luar negeri atau pasar sasaran ekspor dianggap sebagai perpanjangan saja dari pasar dalam negeri (extended of domestic market)
2. pemasaran ekspor
Yang di maksud dengan pemasaran ekspor adalah penjualan suatu komoditi ke Negara lain yang sudah di sesuaikan dengan keinginan dan selera pembeli pasar sasaran ekspor.

No comments:

Marketing digital dan memanfaatkan peluangnya

  Marketing digital adalah praktik pemasaran produk atau layanan menggunakan berbagai saluran dan platform digital, seperti situs web, medi...