SRATEGI PEMASARAN EKSPOR
A. KEGIATAN PEMASARAN
STRATEGI PEMASARAN EKSPOR Menurut earl fullbrock yang dimaksud dengan pemasaran adalah
serangkaian kegiatan yang di lakukan pengusaha dalam menyampaikan suatu
komoditi maupun produsen kepada kosumen.marketing is those business activities
involved the flow of goods and service from production to consumption.
Dengan bertitik tolak pada definisi pemasaran di atas dapat
di ambil kesimpulan ada tiga fungsi atau tugas yang harus perlu di lakukan
dalam kegiatan pemasaran yaitu pengadaan
(procurement),transportasi(transportation),dan penentuan kosumen atau pasar
sasaran.
Yang termasuk dalam
fungsi pengadaan di antaranya menyangkut penentuan jenis,kuantum komoditi yang
akan di produksi yang sesuai dengan selera kosumen
2. fungsi transportasi
Yang termasuk dalam fungsi
transportasi diantaranya adalah pemilihan yang angkut yang cocok dengan sifat komoditi, uang tambang yang
hemat , dan tersedianya alat angkut yang
sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Faktor faktor yang
perlu diperhitungkan oleh transportasi antara lain
A. Jarak yang ditempuh antara produsen
dengan konsumen
B. Nilai komiditi
C. Tingkat kemungkinan rusaknya komiditi selama perjalanan
D. Daya tahan komiditi dalam perjalanan
E. Daya tahan dalam muat bongkar
3. fungsi menentukan konsumen atau pasar sasaran
Menentukan konsumen atau pasar sasaran ekspor merupakan tugas
utama pemasaran ekspor.
A. Menentukan pasar sasaran
Yang
dimaksud pasar sasaran ( target market ) adalah kawasan atau Negara yang kita
masuki d lam pengertian geografis.
B. Menentukan segmen pasar
Penentuan
pasar sasaran di tekan pada kriteria
geografis, mula mula ditentukan kawasan yang akan di masukin misalnya
eropa di disusul dengan penepatan Negara
misalnya belanda dan jerman.
Keempat
criteria tersebutdapatdirinci
1.
geografis (kawasan,Negara,dan kota)
2.
demografis ( jenis kelamin,usia,pendidikan dan pendapatan)
3.psikologis (kelas sosial,dan gaya hidup)
4.
perilaku kosumen ( manfaat dan tingkat
pemakaian )
C.
menenentukan kuantitas produksi
Pada umumnya barang yang di produksi di
Indonesia dimaksudkan untuk pemasaran dalan negeri.baik barang kerajinan
rakyat,industry kecil,hasil indutri subtitusi impor,hasil pertanian,perkebunan
hasil ekstraktif hutan ,dan pertambangan pada umumnya di pasarkan di dalam
negeri.
D.Menentukan
kualitas
Dengan bertambah banyaknya hasil industry
subtitusi impor yang di imut sertakan untuk mendorong ekspor.maka peningkatan
untuk mutuyuang sesuai dengan pasar ekspor sangat di perlukan .
E.
Menentukan strategi bauran pemasaran
Pakar
pemasaran McCarthy membagi unsur unsure pemasaran yaitu di singkat menjadi
strategi 4P
1.
product
2.
price ( harga)
3.
place
4.
promotioN
Misalkan
kita mau memasarkan pakaian wanita elite( high quality fasion )dengan pasar
sasaran perancis dan paris sebagi pusat distribusi ,sementara segmen pasarnya adalah para wanita selebritis dan wanita anak
orang kaya.
F.
Menentukan syarat perdagangan
Dalam
perdagangan ekspor impor terdapat 13 macam syarat perdagangan yang di atur oleh
kamar dagang internasional yang berkedudukan
di paris
G.
Menentukan syaArat pembayaran
Ada
dua hal yang menyebabkan syarat pembayaran menjadi salah satu faktor penting dalam perdagangan internasional .pertama
adanya kemungkinan resiko payment,kedua kebutuhan likuiditas.tinggi rendahnya
risiko pembayaran dan waktu transaksi pembayaran yang di atur dalam setiap
transaksi ekspor.
H.
Menentukan syarat kotrak jual beli
Promosi
dapat di anggap langkah kongkrik yang langsung menuju sasaran yaitu calon
pembeli
B. SELERA KOSUMEN
Yang dimaksud dengan
kosumen adalah mereka yang membutuhkan atau membeli komoditi yang di tawarkan .
Ada berbagai faktor psikologis dan ekonomi yang harus kita
perhatikan dalam mengkaji selera kosumen
agar membeli suatu komoditi yang di tawarkan sbb
1. memenuhi kebutuhan hidup sehari hari
2. memenuhi keinginan pribadi
3. terpengaruh lingkungan dan rangsangan promosi
4. kemampuan daya untuk membeli
Dari ke empat faktor di atas ada dua hal yang perlu kita kaji
lebih dalam
1, perbedaan antara kebutuhan dan keinginan
Yang dimaksud dengan
kebutuhan adalah segala sesuatu yang di perlukan manusia untuk mempertahankan
hidupnya baik kebutuhan jasmani maupun kebuhan rohaninya.
Sedangkan keinginan adalah upaya seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup yang sesuai dengan
selera pribadinya .Keinginan berhubungan erat dengan kepriobadian seseorang.tiap
orang sangat di pengaruhi oleh lingkungan ,tradissi,iklim,agama,budaya
masyarakat dan kondisi geografis diamana dia berada.
2. kemampuan daya beli terhadap pemenuhan kebutuhan dan
keinginan
Suatu masyarakat dengan pendapan perkapita rendah mempunyai
daya beli rendah pula. Dalam membelanjakan uangnya mereka akan memberikan
prioritas terhadap terhadap kebutuhan primer( kebutuhan pokok)
makanan,minuman,pakaian ,kebutuhan pendidikan dan alat transportasi yang
sederhana dan murah .
C. PENGERTIAN KOMODITI
ATAU PRODUK
Komoditi adalah setiap
barang atau jasa yang mampu memenuhi kebutruhan dan keinginan kosumen,
sementara kosumen adalah mereka uyang membutuhkan ,menginginkan dan mampu
membeli komoditi yang di tawarkan dengan demikian nilai nilai tertentu yang
harus terdapat keinginan kosumen. Nilai nilai tersebut adala:
1. manfaat dari produk
Manfaat yang di
berikan oleh produk untuk memenuhi kebutuhan sorang disebut juga core product
atau generic
2. wujud fisik dari produk
Wujud fisik dari suatu produk memegang peranan untuk memenuhi
keinginan atau selera seseorang .wujud
fisik itu seperti desain,tipe,gaya,model,kemasan,merek,atau produk juga
di sebut sebagai tangible atau actual product
3. manfaat ikutan dari suatu produk
Yang di maksud dengan manfaat ikutan dari suatu produt adalah
jasa tambahan dxari suatu produk .jasa tambahan ini kita sebut dengan augmented
atau extended product.
D. KOMODITI SIAP EKSPOR
Pada umumnya komoditi yang akan di ekspor haruslah memenuhi
syarat syarat tertentu yaitu
1. mempunyai daya saing tinggi di bandingkan komoditi serupa
dari Negara lain
Yang dimaksud
dengan istilah daya saingadalah kemampuan suatu komoditi untuk memasuki pasar
luar negeri atau komoditi tersebut sesuai dengan keinginan dan selera kosumen.
Unsur unsur daya saing itu antara lain
a. mutu barang yang terdiri dari:
-. Desain ,tipe,gaya dan spesifikasi teknis
-. Kegunaan barang atau fungsinya
-. Daya tahan atau durability
b. harga barang seperti
-. Cost plus mark up
-. Current markets
-. Subsidized
-. Dumping
c. delivery time
d. syarat perdagangan
e. syarat pembayaran
g. layanan purna jual
2. setiap peralatan (tools & equepments) di lengkapi
dengan petunjuk pemakaian (instruction manual)
3. setiap komoditi di beri warna,ukuran dan bentuk yang
sesuai dengan selera kosumen
4. setiap komoditi sebaiknya di lengakapi dengan sertifikasi
mutuatau setidak nya sertifikat dari pabrik yang memproduksinya
5. setiap komoditi
sebagian mematuhi ketentuan tentang merek kemaasan layak laut ( seaworthy
packing) dan label yang mungkin diminta oleh Negara pembeli
6. setiap peralatan elektronik atau listrik sebaiknya di
lengkapi dengan surat keterangan pengujian teknis dari lembaga yang berwewenang
7.untuk komoditi terttentu seperti mainan anak anak dan bahan
makanan harus memenuhi standar kesehatan
dan keamanan yang dimintaoleh Negara tertentu seperti federal drug administrations ( FDA ) dari amerika serikat
8. untuk komoditi pertanian ,perkebunan dan peternakan sering kali harus di lengkapi
dengan surat keterangan karantina tanaman atau karantina hewan sebelum di
ekspor seperti pytosanitary certificate,veterinary certificate,healt certificate dan sebagiannya
9. untuk mendapatkan fasilitas dalam rangka sistem preferensi
umum ( generalized system of prefences)
10. setiap pengusaha yang ingin mengekspor di anjurkan untuk
memulai standararisasi dari komoditi yang di produksinya
E. KEGIATAN EKSPOR
Kegiatan ekspor adalah kegiatan pemasok suatu komoditi ke
Negara lain atau kepada orang asing,dengan mengharapkan pembayaran menggunakan
valuta asing .dan kadang kala harus berkomunikasi dengan bahasa asing
Contoh:
Seorang perajin sulaman dari tasikmalaya menjual mukena pada seorang
pembeli di kuala lumpur sebelum musim haji . pengrajin itu menerima pembayaran
dalam ringgit Malaysia atau dolar amerika
komunikasi yang di gunakan bahasa Indonesia
F. PENJUALAN EKSPOR
Suatu produk dapat dijual dalam negeri ,tetapi juga dapat di
jual di luar negeri tampa memerlukan perubahan .penjualan semacam ini di sebut
oebjualan (export selling) tetapi kalo
produk itu sebelum di jual ke luar negeri perlu di ubah bentuknya
,ukuranya,bahanyan maupun warnanya .Maka penjualan ke luar negeri itu di sebut
pemasaran ekspor .dengan demikian terdapat perbedaan istilahpenjualan ekspor
dan pemasaran ekspor.
1. penjualan ekspor
Dalam penjualan ekspor pasar luar negeri atau pasar sasaran
ekspor dianggap sebagai perpanjangan saja dari pasar dalam negeri (extended of domestic market)
2. pemasaran ekspor
Yang di maksud dengan pemasaran ekspor adalah penjualan suatu
komoditi ke Negara lain yang sudah di sesuaikan dengan keinginan dan selera
pembeli pasar sasaran ekspor.
No comments:
Post a Comment